Korsleting Listrik


Hari ini 3 April 2015 bertepatan ultah Faiza Ika Namiah yang ke-7, sekitar pukul 19.30 WIB, secara mengejutkan lampu di dalam rumah tiba-tiba redup, disertai suara letupan dari luar rumah...saya langsung menuju APP (alat pengukur dan pembatas) di luar, terlihat ada asap dan percikan api,.....tak lama kembali kemudian terdengar letupan kedua, seketika aliran listrik di rumah mati,....anggota keluarga yg lagi menonton TV berhamburan  keluar rumah. Sambil memperhatikan percikan api dan mikir tindakan yang akan diambil, saya matikan MCB di dalam rumah, tapi percikan api terlihat membesar di bagian atas APP, tetangga sudah mulai berdatangan sambil melihat, ada yang teriak air-air....spontan saya menuju ke kamar mandi meraba2 di mana gayung berada, setelah gayung berisi air dengan setengah berlari saya langsung menyiramkan ke arah APP.....Syukur Alhamdulillah apinya mati, lega rasanya.  Setelah merasa api dan asap sudah tidak terlihat di area APP, atas saran tetangga agar segera melakukan pengaduan ke PLN terdekat, di kantor jaga hanya ada security, dia menyuruh agar melakukan pengaduan ke nomor telepon 061 123. Sekitar 2 jam berselang, petugas PLN pun sudah tiba di TKP, ketika lampu sorot dinyalakan terlihat twisted kabel di bagian atas APP terlihat putus. Petugas memberikan pernyatan, " kemungkinan korsletnya di terminal.." Sebenarnya cukup aneh karena di bagian terminal dalam APP tidak terlihat ada yang meleleh atau korslet, dan kalaupun korslet seharusnya putusnya kabel di bagian terminal.....tapi sudahlah, tidak saatnya untuk berdebat...he.h.e.he...yang penting petugas PLN sudah termasuk "cepat" dalam penanganan ke lapangan. Trims ya PLN.

Setelah petugas meninggalkan TKP, saya angkat kotak pelindung APP yang terbuat dari plastik, terlihat bagian atasnya terbakar.......dari sini saya ambil kesimpulan, kabel yang putus karena terbakar oleh plastik yang menyala, asal api berkemungkinan dari isolasi kabel yang "terluka" atau karena adanya binatang yg masuk ke  APP. Saran buat pengguna listrik, berkaca dari kejadian di "rumah saya" sebaiknya pelindung APP jangan dipasang, apalagi yg terbuat dari plastik. selain menghambat gerak untuk mematikan MCB di bawah KWH meter, juga dapat memperbesar api akibat korsleting.

Komentar

Postingan Populer