Toshiba L300-ku

Toshiba L 300
Berawal dari kabar dan cerita orang-orang tentang  laptop Toshiba yang katanya terkenal dengan ketangguhannya....terbersitlah keinginan dan Alhamdulillah kesampaian juga keinginan untuk memilikinya.

Satu tahun pertama pemakaian, laptop tersebut memang menunjukkan 'ketangguhannya', hampir setiap hari dioperasikan dengan waktu 5-10 jam (multi tasking : web server apache, music, photo editor, web browser, dll), laptop tetap berjalan normal dan tidak terasa panas baik di body laptop maupun bagian bawah meja. Bahkan jika hari minggu dioperasikan nonstop sekitar 16 jam, keadaan tetap aman.

Memasuki tahun ke 2 kondisi mulai berubah (tetapi tidak disadari), ....laptop mulai restart sendiri, terkadang hang dengan display kacau/kotak-kotak.....tapi jika tanpa adaptor (cuma pakai baterai) laptop berjalan normal. Saking seringnya dipakai tanpa adaptor atau pakai adaptor tapi laptop restart-restart sendiri akibatnya "BATERAI MENJADI SOAK", cuma bisa bertahan 5 menit walaupun di-charge penuh.
  • Asumsi pertama adalah gangguan virus. Setelah di-scan dengan berbagai antivirus tetapi tidak terdeteksi.
  • Asumsi kedua adalah gangguan memory...setelah bongkar pasang memory, tetapi tidak menunjukkan perubahan
Mulailah bergerilya di berbagai forum, blog tutorial de el el.....ternyata "LAPTOPKU TIDAK SENDIRIAN".....ada banyak keluhan yang persis sama....Laptop akan berjalan normal jika hanya menggunakan baterai, tetapi jika adaptor dipasang maka laptop akan sering restart sendiri bahkan hang dengan display kotak-kotak. Atau akan berjalan normal menggunakan adaptor asal dioperasikan pada safe mode (windows XP)...termasuk kasus aneh bukan?

Banyak orang yang mengatakan masalah tersebut adalah gangguan pada software...tapi setelah berburu info dari berbagai forum & blog ternyata masalah ini adalah kerusakan pada block power supply di mainboard laptop. Salah satu blog yang share info tentang perbaikan yaitu http://pakarlaptop.blogspot.com. Berhubung lokasi perbaikannya di Surabaya, jadi ku coba-coba mencari info tukang service laptop di Pekanbaru. 2 minggu laptop menginap di tukang sevice "x", ternyata mereka tidak tahu apa2 tentang masalah yang terjadi.(hmm, berarti tukang service kurang informasi dan pengalaman berburu info di dunia maya). Kebetulan saat memperbaiki monitor screen di tukang service "A", iseng2 tanya tentang repair laptop, ternyata tempat tersebut telah sukses menangani 1 laptop Toshiba L300 dengan permasalahan yang sama. Modal nekad, laptop pun diinapkan selama 1 minggu di situ.

3 hari pemakaian setelah diperbaiki, kondisi masih normal (bisa pakai adaptor, tidak ada restart2 atau hang dengan display kotak-kotak). Pada hari ke 4, cara ON tak sengaja diubah, pertama dinyalakan dengan baterai saja, kemudian setelah OS Ms Windows XP berjalan normal, barulah adaptor dicolokkan. Pada saat steker listrik dipasang, terjadi percikan api yang agak kuat di stop kontak, kemudian display laptop langsung berubah menjadi kotak-kotak dan laptop pun hang (seperti kondisi sebelum diservice)....waw, ..keringat dingin pun keluar. terbayang ongkos service yang lumayan mahal atau malah lapotp tidak bisa diperbaiki lagi. Berhubung belum 1 minggu, laptop dikembalikan ke tukang service...mereka butuh waktu 1 bulan untuk memperbaikinya. (barangkali aja cari2 komponen atau cari2 tukang service lain).

Gpp yang penting laptop normal kembali. Demi keamanan dan berdasarkan pengalaman penggunaan, bisa ditarik kesimpulan dan saran untuk pengguna laptop Toshiba L300 :
  1. Kerusakan bisa jadi diakibatkan pada saat mencolokkan steker ke stop kontak, terjadi bounce atau aliran listrik yg tidak stabil ke laptop. Ada baiknya dilakukan perubahan cara pamasangan adaptor, yaitu dengan memasang terlebih dahulu steker ke stop kontak, baru jack DC dipasang ke laptop baru laptop dinyalakan.
  2. Jangan mencabut aliran steker pada saat komputer sedang SHUT DOWN,tapi cabutlah setelah laptop benar2 mati. Karena boleh jadi pada saat itu, OS Ms Windows tidak lagi aktif dalam manajemen power supply-nya, jadi hanya 'ditangani' langsung oleh blok rangkaian powernya aja. (ini setelah mengingat-ingat dua kesalahan yang sering dilakukan pada saat laptop masih normal dulu..h.e.h.e.h.e....karena pengen cepat berkemas, laptop sedang shut down adaptor langsung  dicabut dan kabel pun digulung)....




Komentar

Postingan Populer